Selasa, 17 Juni 2008

Garis besar materi Sosiologi Kelas X



Apakah Sosiologi itu ?
Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat
masyarakat, perilaku masyarakat, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Sebagai cabang Ilmu, Sosiologi dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan Perancis, August Comte. Comte kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Namun demikian, sejarah mencatat bahwa Émile Durkheim — ilmuwan sosial Perancis — kemudian berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplin akademis. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.


Apa yang dipelajari dalam memahami sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan tentang masyarakat ?


Maka dalam 1 ( satu ) tahun pembelajaran di SMA Kanisius, para siswa diajak untuk memahami, mempelajari materi-materi seperti yang tertera dibawah ini. Tentu saja materi yang saya tawarkan ini hanya garis besar saja dan setidaknya kemudian dapat ikut andil menambah wawasan siswa. Diharapkan siswa mampu mengembangkan secara kreatif dalam memahami masyarakatnya dimana kita sendiri ada dan berinteraksi didalamnya secara dinamis. Dibawah ini saya tawarkan garis besar materi dibawah ini :





SEMESTER I

Bab.I. Memahami sosiologi

1. Sejarah perkembangan Sosiologi

2. Objek Sosiologi

3. Definisi sosiologi

4. Para perintis Sosiologi dan Teori

5. Peran dan Kegunaan sosiologi

6. Konsep-konsep penting



Bab.II. Nilai dan Norma Sosial

1. Definisi Nilai dan Norma Sosial

2. Ciri dan Fungsi Nilai sosial

3. Sifat norma sosial

4. Jenis norma yang ada di Masyarakat

5. Peranan Norma dalam kehidupan bermasyarakat

6. Hubungan antara norma dan tertib sosial

7. Konsep-konsep penting


Bab.III. Tindakan dan Interaksi Sosial

1. Definisi Tindakan sosial

2. Tipe dan contoh Tindakan sosial dalam kehidupan sehari-hari

3. Definisi Interaksi sosial

Proses interaksi Sosial

Syarat terjadinya Interaksi sosial

Bentuk-bentuk interaksi sosial

Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial

4. Peran dan variabel berpola

5. Konsep-konsep penting


SEMESTER II

Bab.IV. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

1. Definisi sosialisasi dan Kepribadian

2. Proses Sosialisasi

3. Bentuk Sosialisasi

4. Media atau agen sosialisasi yang berperan dalam proses sosialisasi

5. Sosialisasi sebagai proses pengenalan nilai, norma dalam pembentukan kepribadian

6. Konsep-konsep penting


Bab.V. Perilaku menyimpang

1. Definisi Perilaku menyimpang

2. Terjadinya perilaku menyimpang sebagai dampak dari sosialisasi yang tidak sempurna

3. Berbagai jenis perilaku menyimpang

4. Konsep-konsep penting


Bab.VI. Pengendalian sosial

1. Definisi pengendalian sosial

2. Fungsi pengendalian sosial

3. Tokoh dan Teori tentang pengendalian sosial

4. Sifat dan cara pengendalian sosial

5. Peran lembaga pengendalian sosial

6. Konsep-konsep penting










9 komentar:

Ratih T Sundari, S.Sos mengatakan...

Hallo ibu Tri, apa kabar...
nama saya Ratih, saya mengajar di SMA Gandhi Memorial School di Jakarta,untuk bidang studi Sosiologi... sama seperti ibu.

saya senang sekali mendapatkan teman yang sama-sama mengajar untuk materi sosiologi, apalagi kita sama-sama memiliki blog.

perkembangan ilmu pengetahuan memang harus selalu ditunjang dengan kompetensi guru dan kemajuan teknologi...

seandainya ibu mau melihat blog saya www.memahamisosiologi.blogspot.com mungkin kita bisa saling bertukar informasi.

Anonim mengatakan...

Dengan hormat,

Setelah browsing di internet, akhirnya saya menemukan juga blog yang informatif ini.

Lebih lanjut lagi, saya berharap dapat bertukar pemikiran dengan ibu mengenai realita sosial yang terjadi di sekitar kita demi memperluas cakrawala berpikir terhadap social sciences.

Jika ibu berkenan, mohon kunjungi tumpahan pemikiran saya di http://wakilrakyat123.wordpress.com/

Terima kasih.

Deo Renala Pinem
SMA Kanisius
angkatan 2008

oki rahadianto mengatakan...

pingin tahu lebih banyak tentang sosiologi di bangku SMA...

smoga bisa sharing...

terima kasih

oki

Anonim mengatakan...

Ne muklis. saya dalam kesusahan untuk mencari bahan materi sosiologi.. saya mw bahan yang 4. Para perintis Sosiologi dan Teori dari bab 1. dan saya lihat semuakerangka materi yang ada pada dinding kamu semua sesuai dengan kerangkan ajuan materi yang ada pada saya/ cuma saya belum mendapatkannya. tolong donk. kirimin materinya ke email aku d yahoo mail. tampan.clis@yahoo.co.id
terima kasih/

Anonim mengatakan...

maaf.. salah kirim... sekali lagi maaf y...terima kasihl..

My Blog Tamrin mengatakan...

halo bu tri,senag melihat karya ibu aku juga mengajar sosiologi tapi begraun saya dari tarbiyah nama saya tamrin semoga ibu bisa menampilkan karyanya saya berada di sulawesi dan jauh dari profinsi mengajar di sma negeri 1 mappedeceng lutra

My Blog Tamrin mengatakan...

berulang kali aku mencari matri tapi aku tidak dapat semoga buk tri dapat mengirim sehingga aku juga dapat tarimah kasi sebelumnya salam kenal

jesse si vonsnisme mengatakan...

masih kurang menarik menurut saya.sekalian juga tuliskan definisi sosiologi, pengeertian, macam" dari bentuk sosiologi apa saja? apa sja yng mempengaruhi soiologi itu juga dijelaskan. sehingga para pembaca tertarik apa yang anda sampaikan terimakasih

Cika Lestari Afganisme mengatakan...

lumayan buat saya yang belom punya buku materi....